Penyu Mertasari


"Kura kura itu simbol kebaikan, makanya sekarang kita melepas mereka." - Pak Gung Penyu

Hari ini gue sekeluarga diajak bokap gue ngikutin acara perkumpulan Indo Tionghua gitu yang lagi ngadain event tentang pelepasan penyu ama tukik. Tukik tu penyu kecil, penyu tu tukik besar. Wkwk bukan gitu sih, yang jelas gampangnya mereka tu mahluk semacam kura kura, ato mungkin emang kura kura. Acara ini diadain dalam rangka ngerayain imlek taun ini. Bisa dibilang, nambah pahala gitu~

Coba tebak ini apa? Yak betul, cincau wkwk
Sekitaran jam 10 gitu, pertama tama bokap gue ngajak ke Sindhu buat ngambil tukiknya. Secara, bokap gue ketua panitianya gituhh. Di Sindhu, gue ngeliat sendiri kalo tukik tu mirip kaya cincau wkwk. Apalagi kalo airnya keruh, beuh jadi pengen minum dah. Disini gue ama bokap ngejemput 60 tukik gitu, lumayan lah. Semuanya dimasukin ke kotak stereofoam gitu, diisi air setengahnya. Katanya ga perlu penuh, soalnya tukik juga masi bisa hidup meski ga dalem air.

Lanjut dari Sindhu, langsung ke Mertasari. Disini uda rame banget tacik tacik sipitnya wkwk. Uda ada kura kura gede sadis, yang harganya sekitaran 5 juta gitu. Katanya sih kura kura ratusan taun. Keren emang, kura kura dari muda ampe tua mukanya segitu segitu aja wkwk, emang mahluk awet muda sih. Kalo di budaya tionghua, kura kura tu jadi simbol hal hal baik. Jadinya ya, dimuliakanlah si kura kura ini.

Variasi ukurannya dari yang paling kecil sekitaran 9cm gitu ampe yang paling besar sekitar 70cm-an. Keren sadis, apalagi gue dapet foto bareng ama kura kura yang size medium, tambah keren sudah. Waktu itu sempet ada hal kecil yang nyebelin, jadi kan buat yang nyumbang 5 juta dapet 1 penyu atas nama. Jadi diatas penyunya itu boleh dikasi nama pake cat tembok warna merah. Kalo buat penyu yang gede gede sih ga masalah, meskipun agak konyol juga ngerusak keaslian penyunya. Nah, waktu itu ada yang maksa nulis namanya di tukik kecil yang ukurannya ga sampe 9cm -_- Asli deh bonyok tukiknya, item item isi merah babak belur. Ngeliat manusia tulul begitu, disitu kadang saya jadi sedih.

Foto gue bareng nyokap, adek gue dan Jimmy (penyu yang gue pegang)
Acara intinya berlangsung cuma setengah jam, emang cepet sih wkwk. Intinya cuma ngelepas tukik, uda deh abis tu nyante dipinggiran. Waktu itu semua makanan gratis tis tis. Jadi kita bole minta sate tuna ato tetek bengeknya, karena itu uda dibayarin ama organisasinya. Waktu itu gue sempet nyicip sate tuna terus bakso pentol terus jagung bakar terus terus... banyak deh wkwk. Banyak jenisnya uda gitu dibayarin pula, asli jonson. Bener bener bahagia deh gue abis ngelepas penyu tadi hari :3

Raditha Natha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar