Praktikum IUT


"Waduh cuk maaf cuk, lupa aku nyuruh ngukur tinggi alatnya." 
- Jodi, asdos yang ngurus kelompok gue

Yak sore sob, akhirnya ada juga nih gue nulis cerita tentang kehidupan gue dikampus. Benernya uda banyak ada cerita sih sebelom sebelomnya, cuma karena tumben gue dokumentasiin, jadinya lebih seru aja buat nulisnya wkwk. Cerita gue kali ini bakalan tentang praktikum salah satu materi pembelajaran dikampus gue, yaitu Ilmu Ukur Tanah. Jujur aja, dibanding kuliah di kelas lebih asik kuliah di lapangan gini wkwk. Meski panesnya kebangetan, seenggaknya pengalaman barunya juga banyak. Uda gitu, dapet foto kompak sekelas pula. Worth-it deh pokoknya :D

Jadi materi praktikum yang diambil itu, penggunaan waterpass ama theodolit. Alat alatnya sih keren, yang waterpas kaya handycam, terus yang theodolit kaya mikroskop. Bentuknya doang sih wkwk. Kalo cara pakenya, jujur aja buat pertama kali make bingungin abis. Belom lagi dianjurkan kalo yang mata minus sebaiknya jadi tukang catet data aja. Berhubung mata gue minus kiri kanan, ga terlalu banyak make alatnya deh gue wkwk. Untung kelompok gue uda lengkap yang cager cager. Nih muka muka mereka~
Dari kiri: Momok, Tobeli, Aji, Jaga, Dit dan Ade :3
Dikasi alat, dijelasin bentar terus dibagi lahan per kelompok. Buat alat alatnya, lengkap terus berat berat dah. Rada ngerasa mirip burja gitu ngangkat barang muter muter wkwk. Eh ya, waktu itu kelompok gue dapet pengawas namanya Jody. Angkatan 2012 kalo ga salah. Jadi orangnya rada ngehe, ngomongin sempak mulu wkwkw. Dituntun bentar, ditinggal. Balik, diajak ngomong bentar, ditinggal lagi. Asli ga jalan jalan kerja kelompok gue waktu itu wkwk. Gara gara dia dapetnya ngurusin dua kelompok gitu barengan, jadi berasa ditinggal selingkuh hmmm :))

Menurut si Jody ini sih, benernya urutan praktikumnya simpel. Buat yang waterpas, tinggal ngukur jarak ama beda tinggi. Terus buat yang theodolit, ditambah ama besar sudut balik antara dua titit titik. Yang kocak, si Jody bukannya ngawasin kita praktikum tapi malah banyakan curhat ngomongin masa lalunya dia. Jadi, pas dia ngawas taun lalu, katanya ada yang neriakin dosennya bwangshat wkwkwk. Terus juga pas jamannya dia praktikum, dia ampe ngulang praktikum tiga kali. Jadinya ya banyakan ngomong ngalor-ngidulnya sih :D

Waktu itu, yang ngebagiin lahan per kelompok kan si Jody ini. Jadi pas banget kelompok gue dapet titik yang tingginya beda beda terus jaraknya jauh jauh banget. Sambil ngemotivasi, dia terus terusan minta maaf wkwkwk. Dibilang pembagiannya gaadil, padahal kan dia yang ngebagi. Somplak asli wkwkwk. Yang bikin ngacheng sih, waktu kelompok laen uda ganti ke theodolit tapi kelompok gue masi ngurusin waterpas. Pas juga waktu itu kita lagi stuck gara gara titiknya kehalang pohon gede. Si Jody pake acara ninggal ninggal lagi wkwk. Tambah ga jalan dah kerjaan kelompok gue.

Sayang fisheye nya Widya kurang keliatan wkwk
Slese ngurusin waterpas, masuk ke praktikum Theodolit. Disini baru asli setres. Perut laper, haus, uda gitu panes. Deritanya maksimal dah. Cara make alat ga ngerti, terus pengawas gue ilang. Jadi rada males praktikum benernya wkwkwk. Kelompok laen juga sama stressnya sih. Ada yang alatnya rada rada sableng, ada juga yang cara makenya kurang ngerti. Yang dapet pengawas dosen sih enak, mereka jam 11an gitu uda slese. Yang dapet pengawas asdos, jam 11 malah baru masuk ke Theodolit. Asli, kesenjangan banget.

Lanjut lanjut lanjut, mendadak dosen yang ngedampingin kelompok laen yang uda slese nengokin kelompok gue. Ditanya ini itu, gue yang cuma kuli angkut mana ngerti maksudnya apa wkwk. Anggota kelompok gue yang laen juga sama, gara gara si Jody selingkuh mulu jadi bego kan kelompok gue :') Pas lagi ditanyain, entah kenapa ada pertanyaan dosen gue bikin kalut. "Kok ga diukur tinggi alatnya? Tinggi alatnya beda beda lo tiap titik." . . . Langsung ngangguk ngangguk kaya orang bego gue sekelompok wkwk. Asli parah, Jody kan nyuruhnya ngukur jarak ama tinggi patok doang. Gue ijin buat mastiin ke Jody, dan pas uda ketemu langsung gue tanyain. Bukannya dijawab, dia pasang muka kaget terus dianya malah lari. Mak, ada apa nih? -_-

Bos Yakuza uli bulelengane, Reza ndut wkwkwk
Sambil bungker gue kepikiran, anjir masa semuanya ngulang wkwk. Gue cek ke kelompok yang diawasin ama Jody juga, ternyata mereka juga gaada dikasi tau buat ngukur tinggi alat. Pikir gue, berarti bukan tinggi alatnya yang masalah. Gue balik, terus gue liat Jody uda ngasi pencerahan ke kelompok gue. Dari jauh mukanya uda penyok semua, jadi ga pengen kesana gue wkwkw. Dan ternyata kejadian, disuruh ngulang gitu buat yang praktikum theodolit :') Katanya sih dia baru inget kalo tinggi alat harus diukur juga. Cerita flashback lagi, alesan dia sampe ngulang tiga kali tu ya gara gara lupa ngukur tinggi alat. Somplak abis dah, masa ampe cara buat ngulang juga diajarin ama dia. Asli nyakitin :D :D :D

Lanjut lanjut lanjut, mungkin gara gara uda kepepet ama jadwal, kelompok gue mendadak jadi pinter semua. Si Jaga yang notabene tukang tembak, kerjanya jadi cepet banget. Keliatan skillful abis dah. Uda gitu, gue Ade ama Aji juga jadi uda hafal harus ngapain aja. Ngukur disini, abis tu langsung ngukur kesana. Bener bener kilat dah. Ga nyampe setengah jam, kelompok gue yang baru aja ngulang mendadak uda slese. Rada kaget sih, ternyata emang bener kalo praktikumnya simpel wkwk. Asalkan uda ngerti aja cara make alatnyanya. Jadi kagum sendiri gue.

Karena uda slese, ya langsung balik deh ke parkir atas. Disana rata rata kelompok laen uda nunggu sambil ngobrol sante wkwkw. Diliat kelompok gue yang terakhir balik, dijadiin bahan becandaan sih. Cuma ya ga masalah lah, yang penting kan kelompok gue jadi pinter gitu make alatnya :3 Slese praktikum, uda jelas dong acara terakhirnya ngapain. Dokumentasi!! Lanjut foto foto, last but not least lah. Muka yang tadinya uda kisut, mau ga mau masang muka ceria di depan mata kamera. Dibilang semangat palsu juga, tetep aja keseruannya nyata. Liat aja foto gue ama temen temen gue, asik asik kan? ;))

My friends, at last~

Raditha Natha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar