Save Udayana


"Tolak eksekusi sekarang juga" - Civitas Akademika Udayana

Dari beberapa minggu kmaren, gue uda sering banget liat edaran "Aksi Damai Selamatkan Udayana", yang meski sampe kmaren, gue ga terlalu peduli ama aksi sosial yang gue gatau tujuannya apa. Selain bikin repot, gue juga orangnya males malesan wkwk. Tapi ya, begitu gue tau kalo sebagian lahan kampus gue mo diambil alih, disitu akhirnya gue penasaran :D :D :D 

Gue sendiri mulai sadar ama masalahnya waktu beberapa hari setelah gue praktikum IUT. Waktu itu sempet gue liat ada orang orang yang ngukur tanah pake theodolit diluar areal kampus gue. Aneh aja rasanya, kalopun mereka lagi praktikum, harusnya kan masih didalem areal kampus. Belom lagi omongan temen temen gue yang bilang kalo ada rumor kalo lahan kampus gue bakal kepotong setengahnya. Setengah dari lab hidrolika tepatnya. Yang bikin awkward, dosen gue uda ampe nyewain tukang pompa buat ngebenerin alat praktikum disana minggu lalu, terus masa sekarang gedungnya mo diambil alih wkakaka. Tai abis.

Setelah gue telaah, katanya sih sengketa tanah ini uda dari taun 2012 lalu. Kalo uda kaya gini, cuma bisa mangap sih. Yang bisa gue lakuin sebagai rakyat jelata ya diem ga peduli, ato ikutan turun nyuarain aspirasi. Nah, karena banyak yang ngajakin, akhirnya gue ngikut turun ke acara demo hari ini. Sekalian nyari tau, apa yang benernya lagi kejadian di kampus gue ini. Benernya sih nyambil liat liat cewe cakep dari fakultas laen wkwkwk. Sekali ngedayung ketemu putri duyung gitu lah.

Pasukan dari sipil'14, gue dimana?
Ngumpul dikamsud sambil nungguin rektor dan para petinggi lainnya dateng. Intinya sih, dikasi waktu buat foto foto bentar pake properti demo wkakaka. Kocak sih, acara sosial dijadiin ajang narsis. Gue dan temen temen gue juga gamau kalah, akhirnya ya heboh sendiri pas lagi ngenarsis. Ceritanya sih mencoba menikmati keadaan gitu. Yang lebih kocak lagi, yang kmaren malem ngajakin gue demo justru diem dikamsud buat ngerjain tugas ama kelompoknya. Wadeple wadeple -_-

Rektor akhirnya dateng, terus ketua BEM nyiapin pasukannya deh. Setiap fakultas juga uda nyiapin benderanya, entah itu maksudnya penghormatan ato ngapain. Sewaktu keluar dari kamsud, angin angin surgawi dateng dari segala penjuru. Di depan ada, di belakang ada. Toleh kiri kanan, juga ada. Cewe cantiknya banyak sob wkakaka. Beda emang ama jurusan gue yang kafir perempuan. Disini gue justru jadi keenakan, ga peduli ama panes. Apalagi kalo diajak desek desekan, malah seneng gitu :3

Bebaskan tanah Unud. Bebaskan tanah kami?
Pengalaman pertama gue ikut demo, gue ngerasa tensinya kaya kembang api. Sempet klimaks bentar ditengah tengah, terus akhirnya malah surut ga karuan. Panes iya, desek desekan iya, bingung juga iya. Terus ngapain aja? Dari kamsud, jalan terus ampe bosen ke pengadilan negeri denpasar. Benernya sih deket, cuma ya kesel aja. Padahal waktu diawal gue dikelilingin cewe cewe cakep, akhirnya malah cowo semua yang ngerubungin. Asli nyakitin. Sambil jalan teriak teriak "Tolak eksekusi" ampe kering, untung akhirnya dipersimpangan dikasi aqua gelas sebiji sebiji.

Nyampe di depan pengadilan, langsung disuruh duduk sambil dengerin orasi dari para petinggi. Orasi orasi onani, ampe bosen gue dengerin orang ngomong wkakaka. Ada yang bagus juga sih omongannya, yang ampe sekarang masi klop di kepala gue. "Ini bukan lahan milik rektor, ini bukan juga lahan milik bapak. Ini lahan milik Universitas Udayana, pantas untuk kalian perjuangkan!" Seenggaknya omongannya doi yang paling menyengat. Dilanjutin ama omongan omongan laen yang ga terlalu masuk ke kepala gue. Teriak teriak sambil mengatas namakan keadilan, kurang realistis aja rasanya.

Pas lagi otw ke pengadilan, mukanya galak semua wkwk
Lebih dari sejam gue duduk, akhirnya ada pengumuman yang sontak bikin gue emosi. Katanya sih pihak pengadilan uda ada yang pergi buat ngelakuin eksekusi di Bukit, jadinya ya kita disini ngedemo gedung doang. Keparat lah, segitu ga beraninya ya ngomongin baik baik ama pihak Udayana? Seenggaknya kalopun uda pasti dilakuin eksekusi, gausa pake acara sembunyi sembunyi. Ga cuma gue, kompak satu batalion langsung sumringah abis denger pengumuman yang kesannya 'ngerendahin' pihak Udayana. Kerusuhan kecil yang masi bisa dibilang Aksi Damai kejadian deh. Ada yang langsung ngerobek posternya, ngebuang ikat kepalanya, teriakan pengecut yang keras juga masi bisa gue denger sampe sekarang. Pokoknya, nyakitin.

Sampe akhirnya presiden BEM ngomong. Adanya ketidak jujuran, pembodohan dan segalanya. Intinya, semua elemen dari Udayana gaada yang terima. Ada yang ngusul ke Bukit, ada yang minta rubuhin gerbang pengadilan. Pokoknya runyam. Sampe akhirnya capek, terus ngereda sendiri. Balik ke kamsud, terus tamat deh demonya. Nyisain sampah dijalanan, menurut gue itu yang parah. Ya moga moga aja kedepannya aksi damai bisa beneran jadi aksi damai. Segitu aja sih cerita gue kali ini, moga kedepannya gaada kasus begini lagi :))

Sekitaran sejam sebelom pengumuman maksiat, masih ceria :)

Raditha Natha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar